Saturday, October 04, 2008

If I must be different, then let me keep that which sets me apart

Brisingr adalah kata yang digunakan untuk menyebut api in ancient laguange. Merupakan judul ke-3 dari buku Erragon karangan Christhoper Paolini. Pada bagian awal, Paolini mengangkat cerita penyelamatan Katrina, kekasih dari Roran (sepupu Eragon), yang ditahan oleh RAz'ac di Helgrind. Penyelamatan dilakukan oleh Roran, Saphira, dan tentu saja Eragon. Setelah penyelamatan berhasil dilakukan, Eragon memutuskan untuk tinggal di Helgrind, sedangkan Roran, Katrina, dan Saphira bertolak kembali ke perkemahan Varden.
Setelah melakukan suatu urusan yang penting di Helgrind, Eragon akhirnya memutuskan untuk kembali ke bersama Varden. Hanya saja, kali ini menggunakan jalan darat karena saphira telah kembali ke Varden terlebih dahulu. Disepanjang perjalanan ada banyak bahaya yang harus dilalui dan ketika berada di kota Tremin dia bertemu dengan Arya. Apa yang dilakukan oleh Arya di kota itu? Tidak lain adalah mencari Eragon karena takut akan terjadi sesuatu dengan dia. Perjalanan pun dilanjutkan dan mereka pun akhirnya sampai di perkemahan Varden.
Itu hanyalah cerita singkat dari Brisingr yang jumlah halamannnya 748. Jadi sudah benar hal yang dilakukan oleh paolini membagi cerita terakhir ini menjadi 2 bagian. Masih banyak hal yang blom terungkat dan jika dipaksakan untuk menjadi 1 buku tentu saja tidak terbayangkan berapa banyak halaman yang diperlukan.
Menurut gua pribadi, buku ini lebih seru dibandingkan dengan buku pertama dan kedua. Penggambaran character dari para tokoh lebih tajam dari sebelumnya. Misalkan saja bagaimana Nasuada sebagai seorang pemimpin koalisi harus mengambil suatu keputusan yang bisa menjadi sebuah win2 solution demi menjaga keutuhan koalisi yang dipimpinnya. Selain itu alur cerita yang disajikan pun lebih menarik dari sebelumnya. Dibandingkan dengan buku pertama dan kedua, di buku ketiga ini peranan dari para dwarf lebih ditonjolkan dari sebelumnya. Kita hanya bisa menebak mengapa Paolini begitu menonjolkan tentang para dwarf di buku ini.
Di buku ketiga ini, ada banyak rahasia yang diungkapkan. Misalkan saja, dari mana asal kekuatan dari Galbatorix, apakah Eragon dan Murtagh benar-benar saudara kandung, apa yang berada di bawah pohon Menoa dan masih banyak lagi. So, gak ada salahnya untuk membaca novel karangan Paolini ini apalagi bagi kalian yang udah ngikutin dari buku pertama ama kedua.
Udah itu, apa hubungan antar judul postingan ini ama Brisingr? Itu adalah satu Quote dari Elva when Eragon tried to heal Elva from his "blessing". I think it's a cool quote.

1 comment:

Anonymous said...

hadoooh sinopsisnya kayak spoiler! ahahhah